KEUNGGULAN PONDOK PESANTREN NURUL HARAMAIN BOGOR

Oleh: Yudi Hermawan, MA

Banyak orang tua yang bingung ketika ingin memasukkan ananya ke sekolah. Di satu sisi orang tua menginginkan anaknya kelak setelah lulus mendapatkan nilai yang memuaskan dan dapat diterima diperguruan tinggi ternama, dipihak lain orang tua juga khawatir melihat fenomena sosial di masyarakat khususnya masalah akhlaq al karimah yang semakin hari semakin luntur mengkikis nilai-nilai moral dan etika yang dimiliki oleh  bangsa ini. Kejahatan bukan hanya terjadi di kota-kota besar melainkan sudah masuk ke kampung-kampung dan daerah-daerah terpencil. Para penjahat sudah tidak ada rasa malu dan segan melakukan aksinya meskipun di siang bolong dan tidak peduli obyeknyan orang tua, remaja atau anak-anak, ketika ada kesempatan maka kejahatan itu dilakukannya. Dilain pihak kenakalan remaja juga sudah semakin meresahkan. Perkelahian, tawuran, merokok di pinggian mal dan narkoba sudah menjadi pemandangan sehari-hari dan menjdai konsumsi dan suguhan media.

Dalam ranga menjawab kebingungan orang tua dalam mencari sekolah yang cocok dan baik untuk anak-anaknya, maka Pondok Pesantren Nurul Haramain Bogor, dengan mengucapkan

bismillahi wa bihamdihi, berupaya untuk menjawab kebingungan-kebingunan tersebut dengan asas menjunjung tinggi nilai-nilai akhlakul karimah yang dijadikan panglima dalam program pengarahan, pendidikan dan pengajaran guna membentuk generasi rabbani sebagai modal bangsa Indonesia menuju masyarakat madani Civil Society yang berlandaskan kepada Al Quran Al Karim dan Akhlaqul Karimah sebagai jalan utama hidup way of life, demi menuju ampunan dan ridha dari Allah SWT.

KURIKULUM

Kurikulum Pondok pesantren Nurul Haramain, memadukan antara kurikulum Diknas dan Kurikumul Pondok Modern Gontor. Dengan harapan saat para santri keluar mereka tidak hanya memahami bahasa arab dan inggris yang sudah menjadi bahasa keseharian di pesantren modern Gontor, tetapi mereka juga menguasi pelajaran-pelajaran umum sesuai dengan apa yang telah digariskan oleh Kementerian pendidikan Nasional.

Dalam rangka memperkaya khazanah intelektual, para santri diajarkan kitab-kitab turats, kitab kuning yang disampaikan oleh para Ustaz, alumni pesantren salaf yang menekuni di bidangnya dengan metode sorogan dan balagan. Penguasaan kitab-kitab turats dan kitab kuning sangat diperlukan oleh para santri mengingat buhurul ilm dalam kitab-kitab tersebut masih up to date, dibutuhkan dan diamalkan oleh mayarakat Indonesia.

Sementara hafalan Al Quran menjadi program wajib bagi para santri. Ketentuannya adalah dalam satu semester (6 bulan) para santri diharapkan dapat menghafal minimal 1 juz. hafalan Al Quran ini masuk ke dalam laporan perkembangan balajar siswa atau rapot yang disampaikan kepada orang tua santri setiap akhir semester.

LOKASI

 Pondok Pesantren Nurul Haramain Bogor, terletak di Kampung Saitem, Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, lingkungan asri jauh dari hiruk pikuk keramaian kota dan terletak di kaki gunung salak. Namun demikian jarak Pesantren Nurul Haramain tidak jauh dari kota. hanya membutuhkan waktu + 15 dari kota bogor dan 20 menit dari tol jagorawi.

 

Leave a Reply

WhatsApp Chat WhatsApp